Jumat, 16 Juli 2021

Ooo Jadi Ini Fungsi Hub, Cara Kerjanya, Dan Pengertianya

UPTKJ- Hay sobat pegiat jaringan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apasih fungsi, pengertian dari hub, dan bagaimana cara kerjanya? simak ulasanya.

Berikut ini pengertian, fungsi, serta cara kerja HUB.

Untuk anda para pegiat jaringan, atau anda yang sedang duduk di kursi pelajar yang sedang mencari apasih fungsi dari hub ini, kawan bisa lanjutkan baca artikel ini.

Tentunya tidak asik bagi kita, kalau tahu secara fisik perangkatnya tapi tidak tahu secara mendalam apasih fungsi hub, dan pengertianya.

Berikut ini pengertian, dan fungsi, dan cara kerjanya HUB

Pengertian HUB

Hub merupakan termasuk perangkat keras jaringan yang berperan sebagai bridging, atau perangkat jaringan yang menjadi jembatan antara perangkat keras jaringan lainya.

Hub ini sering digunakan untuk membangun jaringan berbasis LAN ( local area network ), yang pasti diperlukanya perangkat pusat ( server ), baik itu router seperti mikrotik, ataupun perangkat server lainya.

Perangkat ini menjadi jembatan antara client satu dengan client lainya agar bisa saling terhubung, dan juga untuk menghubungkan antara server dengan client pada sebuah jaringan local area network.

Cara Kerja HUB

Cukup sederhana sobat, cara kerja hub ini.

Hub ini bekerja di lapisan OSI layer satu / Physical Layer, dimana dilapisan ini hub menjadi perantara melalui transmitter kabel UTP, dengan konektor Rj45 ( umumnya ).

Hub juga bisa menjadi penguat sinyal, jika kabel teralu panjang otomatis sinya listrik akan melemah, oleh karena itu kita bisa memanfaatkan hub sebagai penguat sinyal.

Dimana kita meletakanya di tengah – tengah.

Contohnya ruangan A, dan B ingin terhubung melalui Kabel UTP / LAN dengan jarak 100 meter,

maka agar sinyal yang dilewatkan melalui kabel tersebut tidak melemah, kita bisa meletakan hub di tengah – tengahnya, atau pada jarak 50 meter.

Tidak hanya itu, jika kita memasukan 1 koneksi dengan service tertentu ke salah satu port yang berada pada hub, maka akan otomatis disalurkan juga ke port yang lainya, atau broadcast.

Fungsi HUB

1. Sebagai Penghubung client satu dengan client lainya melalui kabel UTP.

2. Menjadi jembatan antara computer client, dengan computer server.

3. Menjadi pemecah alamat IP.

4. Menjadi terminal dari beberapa Router.

5. Membantu router untuk menghemat PORT.

Nah itu tadi cara kerja, fungsi, dan pengertian hub.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman dalam memahami apasih fungsi dari hub, cara kerjanya, dan pengertianya, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

x

0 Comments:

Posting Komentar

Contact

SUPPORT BY

PT.ASIA DIGITAL NUSANTARA

ALAMAT:

Jl. Lintas Taluk kuantan - Pekanbaru ( desa petai, depan pasar )

Work Time:

Monday - Saturday from 9am to 5pm

WHATSAPP

082283414028