Sabtu, 17 April 2021

Ini Dia Komponen – Komponen Komputer Lengkap Beserta Fungsi & Contohnya

Hai kawan-kawan blog Up-TKJ, pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai komponen computer, dan contohnya, berikut ini ulasanya.

BERIKUT INI KOMPONEN YANG TERDAPAT PADA KOMPUTER

Buat anda yang baru saja masuk ke dalam dunia teknisi pastinya anda ingin mengetahui komponen-komponen pada computer, apalagi buat kawan-kawan yang baru masuk sekolah jurusan teknik computer jaringan.

Yap…. dulu saya ketika baru masuk jurusan tkj, pembelajaran yang pertama kali saya terima pada mapel computer jaringan dasar, saya diberikan materi mengenai komponen – komponen yang ada pada computer.

Oleh sebab itu kali ini kita akan lebih mengenal lebih dalam mengenai komponen yang ada pada computer.

Sejak dulu hingga sekarang perkembangan teknologi, terutama teknologi computer semakin pesat, yang menyebabkan revolusi teknologi semakin cepat juga.

Computer yang sering kita lihat saat ini, sudah mengalami perubahan yang cukup drastis, baik itu dalam hardwarenya maupun softwarenya.

Komputer sendiri merupakan kumpulan, atau gabungan perangkat elektronik yang masing-masing perangkat tersebut memiliki tugasnya masing – masing, untuk melakukan suatu pekerjaan.

Semua perangkat eletronik tersebut bekerja sama, sesuai tugasnya masing – masing.

Sehingga dapat mengolah data ( input ), kemudian data tersebut akan diolah oleh computer ( proses ), sehingga dapat menghasilakan informasi ( output ).

Pada umumnya computer memiliki perangkat masukan ( input device ), dan alat keluaran ( output device ), dan komponen penyimpanan yang biasa disebut dengan storage device.

Kumpulan komponen – komponen computer tersebut harus dirakit sebagaimana mestinya, agar dapat dijalankan, dan melakukan tugasnya.

Komponen tersebut saling terhubung satu sama lain, dan akan diberikan oleh instruksi oleh processor dan barulah bekerja sesuai perintahnya masing-masing.

Berikut ini Jenis – Jenis Komponen Komputer

1. MOTHERBOARD

Komponen ini memiliki nama lain yaitu mainboard, fungsi dari motherboard sendiri merupakan menjadi papan sirkuit layaknya pada perangkat elekronik lainya.

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen yang lainya, melalui slotnya masing-masing.

Dalam motherboard ini terdapat banyak sekali slot yang mengarah ke komponen lainya, seperti hdd, ram, vga, usb port, dll.

2. Processor ( CPU )

BERIKUT FUNGSI PROCESSOR PADA KOMPUTER


Seperti hal nya otak kita, processor berfungsi sebagai komandan ke komponen computer yang lainya.

Processor akan memberikan intruksi ke komponen yang lainya yang diperintahkan dari brainware ( orang yang mengoprasikan computer ).

Sebagai contohnya saat kita menggunakan computer dan kita mengklik kanan, kiri, ataupun saat kita mengetik menggunakan keyboard, inilah tugas cpu yang langsung akan memberikan intruksi kepada komponen lainya

Seperti halnya otak kita terdapat bagian-bagian lain seperti otak kanan, kiri dan belakang. dalam processor terdapat lagi 2 bagian yang masing-masing memiliki tugasnya masing-masing yaitu:

·        ALU ( Arithmetic Logical Unit )

Yang berfungsi  untuk membentuk operasi yang berkaitan dengan melakukan perhitungan aritmatika, dan logika,terhadap data yang sedang diproses. 

·        CU  ( Control Unit )

Sesuai namanya kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa unit ini bekerja untuk memberikan control terhadap semua komponen, yang sudah di proses oleh ALU sebelumnya.

Sehingga Control unit sudah mengetahui apa yang harus dilakukan, dan akan menginstruksikan komponen lainya sesuai tugasnya masing-masing. 

SC: www.wikipedia.org

3. RAM ( Random Access Memory  )

INI FUNGSI RAM PADA KOMPUTER

Walaupun sama – sama media penyimpanan data, tugas RAM berbeda dengan hdd ( hard disk drive  ).

Ram menyimpan data secara acak, atau ketika suatu program ( aplikasi, os dll ) dijalankan saja, yang kemudian hasil pekerjaan tersebut akan disimpan di hdd secara permanen.

Contoh sederhanaya gini:

Ketika anda membuka Microsoft word, disinilah fungsi RAM, yaitu untuk menjalankan program tertentu, dan kemudian hasil document word yang sudah jadi tersebut akan tersimpan secara permanen di hdd.

4. Heatsink

FUNGSI HEATSINK

Ngeliat fotonya di atas aja kawan -  kawan sudah dapat menyimpulkan.

Yap benar ….  

bahwa fungsi heatsink ini sebagai pendingin.

Heatsink berfungsi sebagai pendingin, lebih tepatnya sebagai pendingin processor, karena komponen yang paling panas suhunya pada computer yaitu processor itu sendiri.

Pada bagian tembaga banyak sekali alur memutar yang berfungsi untuk menyerap panas dari processor yang akan ditarik oleh kipas yang berada di atasnya, kemudian akan di oper ke kipas lainya, dan akan dialirkan keluar.

Sehingga dengan adanya heatsink pada atas processor dapat membuat suhu computer terjaga, jika heatsink ini mengalami kerusakan computer tetap bisa berjalan,

Akan tetapi….

Computer akan sering hank, atau overhead, sehingga computer sering mati sendiri.

Karena suhu processor teralu panas sehingga membuat kinerja dari processor terhambat /  terganggu, sehingga akan mengalami overhead.

5. HDD ( Hard Disk Drive )

FUNGSI HDD HARD DISK DRIVE.

Seperti yang saya katakana di atas pada bagian fungsi RAM, fungsi hdd ialah menyimpan data / suatu program tidak dijalankan.

Berulah ketika program tersebut akan dijalankan akan dialihkan ke RAM.

Dalam hdd ini terdapat sebuah piringan dimana, piringan tersebut berfungsi menyimpan semua data / program yang kita miliki dalam bentuk bilangan biner.

Yap karna processor hanya bisa memproses semua data dalam bentuk bilangan biner, dimana biner ini terdiri dari angka 1, dan 0, dan akan melalui ALU, dan diteruskan kembali oleh CU.

Penyimpanan HDD terbagi lagi menjadi beberapa partisi yang bisa kita buat sesuai keinginan kita, yang umunya ada penyimpanan C, D, E, dimana di lokasi partisi C kita biasa menyimpan program seperti os, dan aplikasi lainya, yang jika dijalankan akan dipores oleh RAM.

Sedangkan D, dan E biasanya digunakan untuk menyimpan hasil kerjaan yang sudah kita buat sebelumnya, ataupun file berupa music, film dan lain-lain.

6. VGA CARD / GPU

VGA CARD PADA KOMPUTER.

Nah jika kawan-kawan gabung ke grup komunitas teknisi computer, atau yang grup yang membahas seputar teknologi computer pasti anda sering mendengar kata GPU.

VGA Card ( Virtual Graphic Array ), komponen yang satu ini berfungsi untuk mengelolah grafis, atau menerjemahkan output ke monitor.

Jika computer tidak memiliki komponen ini tampilan yang ditampilkan di monitor tidak sebagus saat menggunakan VGA card, biasanya mereka yang pekerjaanya sebagai editor, desingn graphic lah yang sangat membutuhkan VGA card.

Karena mereka sangat membutuhkan tampilan yang bagus, agar hasil pekerjaan mereka lebih bagus, atau para pecinta game yang ingin tampilanya lebih kece juga sering menambahkan VGA card pada computer mereka.

7. MONITOR

MONITOR KOMPUTER.

Pasti anda sudah tau komponen yang ini berfungsi untuk apa.

Yap benar sekali…

Monitor berfungsi sebagai alat output computer, yang akan menampilkan pekerjaan kita menggunakan computer dalam bentuk grafis.

Komponen ini sangat memiliki peranan penting dalam computer, karena monitor ini langsung memberikan tampilan yang bisa diamati oleh indra penglihatan kita, sehingga kita tahu apa yang akan kita kerjakan menggunakan computer.

8. KEYBOARD

FUNGSI KEYBOARD KOMPUTER.

Komponen ini termasuk dalam kategori komponen input device ( alat masukan ), dimana ketika brainware ingin mengetikan sesuatu perlu menggunakan komponen ini, yang akan diteruskan ke processor / CPU, dan akan diubah menjadi bilangan biner yang tentunya bilangan yang hanya dipahami oleh CPU.

Format standard dari keyboard ini adalah dalam bentuk QWERTY, yap keyboard yang kita gunakan saat ini.

Dimana pada keyboard ini terdapat lagi bagian – bagian tombolnya lagi, berikut ini bagian – bagianya :

  • ·    Control key : Tombol ini yang menyediakan akses control terhadap kursor, maupun monitor ke penggunanya.
  • ·    Alphanumeric key : Disinilah kita bisa melihat format QWERTY, dimana tombol ini memiliki fungsi menyediakan tombol ketik berupa huruf, angka ,dan symbol – symbol.
  • ·    Numeric Keypad : Tombol ini bisa anda lihat, di sebelah kanan, ataupun pada bagian atas, dimana tombol hanya berisi angka – angka.
  • ·    Function key : Tombol ini berfungsi untuk memberikan akses ke pengguna yang berhubungan dengan perintah kusus yang disediakan oleh system operasi yang anda gunakan.

8. MOUSE

FUNGSI MOUSE KOMPUTER.

Komponen ini juga masuk dalam kategori alat input, dimana mouse berfungsi untuk mengarahkan kursor sesuai yang kita inginkan.

Alat ini disebut dengan nama mouse karena bentuknya yang mungil seperti tikus.

Mouse memiliki 3 bagian tombol utama, yaitu pada bagian kanan, kiri dan scroll yang seperti bola pada bagian tengah.

Kebanyakan mouse saat ini menggunakan sinar yang berada pada bagian bawahnya yang digunakan sebagai sensor.

9. OPTICAL DRIVE

OPTICAL DRIVE.

Optical drive terbagi menjadi berbagai alat lagi, berikut ini pembagianya :

  • Compact Disk-Read Only Memory ( CD Room ) Alat yang satu ini berfungsi untuk membaca kepingan kaset yang berupa cd, ataupun bisa kita gunakan untuk memburning file kedalam kepingan kaset ini.
  • Compact Disk - Rewriteable (CD- RW ) CD-RW ini merupakan alat yang bisa membaca kepingan cd maupun dvd.
  • DVD- combo, merupakan alat yang multi fungsi dimana kita bisa menuliskan cd, atapun dvd, atau hanya membacanya.
  • DVD-RW alat ini merupakan paket komplit dari beberapa di atas, dimana kita bisa menulis, membaca, menyimpan file kedalam kepingan kaset baik itu cd, maupun dvd.

10. POWER SUPPLY

POWER SUPPLY KOMPUTER.

Alat ini juga berperan penting, dalam pengoptimalan pc, sebab alat inilah yang menyalurkan listrik ke komponen lainya, dimana penyaluran daya listrik tersebut melalui kabel yang sudah disediakan oleh masing-masing perangkat, berikut jenis-jenis kabel yang terdapat pada power supply:

  • POWER INDUK, kabel ini berfungsi untuk menyalurkan aliran daya listrik dari power supply ke motherboard.
  • ANAK INDUK, fungsi dari kabel ini ialah menyalurkan aliran listrik ke processor.
  • POWER SATA, berfungsi untuk menyalurkan listrik dari power supply ke hdd, ataupun perangkat penyimpanan internal lainya seperti yang terbaru yaitu ssd.
  • POWER IDE, yang berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik ke optical drive, baik itu cd room, maupun dvd room.

Nah itu tadi beberapa perangkat /  komponen yang terdapat pada komputer.


mungkin masih banyak lagi komponen-komponen pendukung lainya, seperti printer, speaker, ataupun scanner, pasti anda sudah tau fungsinya, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih kepada anda para pembaca.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact

SUPPORT BY

PT.ASIA DIGITAL NUSANTARA

ALAMAT:

Jl. Lintas Taluk kuantan - Pekanbaru ( desa petai, depan pasar )

Work Time:

Monday - Saturday from 9am to 5pm

WHATSAPP

082283414028