Inilah Cara Kerja DNS Pada Dunia Jaringan Komputer

Hai sobat Blog Up-TKJ, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara kerja DNS pada dunia jaringan komputer, berikut ini ulasanya.

Jika anda sedang mencari tahu bagaimana sih cara kerja DNS, pada jaringan komputer, anda berada di halaman yang tepat, yuk simak penjelasanya.

Berikut ini penjelasan cara kerja dns pada jaringan komputer.


Dalam dunia jaringan, komputer tidak bisa menggunakan nama seperti manusia, mereka pergi  dengan angka,

karena begitulah cara komputer dan perangkat serupa lainnya berbicara dan mengidentifikasi satu sama lain melalui jaringan, yaitu dengan menggunakan angka-angka seperti alamat IP.

Di sisi lain, manusia terbiasa menggunakan nama, bukan angka, apakah berbicara langsung dengan orang lain atau mengidentifikasi negara, tempat, atau benda, manusia mengidentifikasi dengan nama, bukan angka.

Jadi untuk menjembatani kesenjangan komunikasi antara komputer dan manusia dan membuat komunikasi jauh lebih mudah, insinyur jaringan mengembangkan DNS, dan DNS adalah singkatan dari sistem nama domain.

DNS memutuskan nama menjadi angka, untuk lebih spesifik itu menyelesaikan nama domain ke alamat IP.

Jadi Bagaimana Cara Kerja DNS?

Jadi jika Anda mengetikkan alamat web di file browser web, DNS akan menyelesaikan nama menjadi nomor karena satu-satunya hal komputer tahu adalah angka.

Jadi misalnya jika Anda ingin pergi ke suatu tempat situs web Anda akan membuka browser web Anda dan ketik nama domain situs web itu, jadi misalnya, mari gunakan yahoo.com.

Sekarang secara teknis Anda benar-benar tidak perlu mengetik di yahoo.com untuk membuka halaman web Yahoo, Anda bisa ketik alamat IP sebagai gantinya jika Anda sudah tahu apa alamat IP itu,

tapi karena kita tidak terbiasa menghafal dan berurusan dengan angka, apalagi bila ada jutaan website di internet, kita bisa saja ketik nama domain sebagai gantinya dan biarkan DNS mengubahnya menjadi alamat IP untuk kami.

Jadi kembali ke contoh kita, saat Anda mengetik di yahoo.com browser web Anda server DNS dengan pencarian melalui database-nya untuk menemukan alamat IP yang cocok

untuk nama domain itu, dan ketika ditemukan itu akan menyelesaikan nama domain itu menjadi alamat IP dari situs web Yahoo, dan setelah selesai maka komputer Anda dapat berkomunikasi dengan server web Yahoo dan membuka halaman web.

Jadi DNS pada dasarnya berfungsi seperti buku telepon, ketika Anda ingin mencari nomor, Anda tidak melihat Naikkan angkanya dulu, cari namanya dulu, lalu Anda akan diberi nomornya.

Nah untuk memecahnya menjadi lebih detail mari kita simak langkah-langkah DNS itu mengambil. Jadi saat Anda mengetik di yahoo.com di browser web Anda dan di browser web Anda atau sistem operasi tidak dapat menemukan alamat IP di memori cache-nya sendiri, itu akan mengirim kueri ke tingkat berikutnya ke apa yang disebut server resolver.

Penyelesai server pada dasarnya adalah ISP atau penyedia layanan Internet Anda, jadi bila resolver menerima kueri,

itu akan memeriksa memori cache-nya sendiri untuk menemukan IP alamat untuk yahoo.com, dan jika tidak dapat menemukannya, kueri akan dikirim ke tingkat berikutnya yang merupakan server root.

Server root adalah yang teratas atau root dari hierarki DNS. Ada beberapa set server root ini dan ditempatkan secara strategis di seluruh dunia, dan mereka dioperasikan oleh organisasi yang berbeda dan setiap kumpulan akar ini server memiliki alamat IP unik mereka sendiri.

Jadi, ketika server root menerima file menanyakan alamat IP untuk yahoo.com, server root tidak akan tahu alamat IP-nya,

tetapi server root tahu ke mana harus mengirim file resolver untuk membantunya menemukan alamat IP.

 Jadi root server akan mengarahkan file resolver ke TLD atau server domain tingkat atas untuk domain dot com. Sehingga resolver sekarang akan meminta alamat IP dari server TLD untuk yahoo.com.

Server domain tingkat atas menyimpan informasi alamat untuk tingkat atas domain, seperti .com, .net, .org, dan sebagainya. Server TLD khusus ini mengelola

domain dot-com yang merupakan bagian dari yahoo.com. Jadi, ketika server TLD menerima kueri untuk alamat IP untuk yahoo.com, file Server TLD tidak akan tahu apa alamat IP untuk yahoo.com.

Begitu TLD akan mengarahkan resolver ke tingkat berikutnya dan terakhir, yaitu server nama otoritatif.

Jadi sekali lagi resolver sekarang akan meminta server nama otoritatif untuk IP alamat untuk yahoo.com.

Server nama atau server yang berwenang bertanggung jawab untuk mengetahui segalanya tentang domain yang menyertakan alamat IP. Mereka adalah otoritas terakhir.

Begitu ketika server nama otoritatif menerima kueri dari resolver, file server nama akan merespon dengan alamat IP untuk yahoo.com.

Dan akhirnya resolver akan memberi tahu komputer Anda alamat IP untuk yahoo.com dan kemudian komputer sekarang dapat membuka halaman web Yahoo.

Penting untuk dicatat bahwa setelah resolver menerima alamat IP, itu akan simpan dalam memori cache jika menerima permintaan lain untuk yahoo.com, jadi tidak harus melalui semua langkah itu lagi.

Baca juga: cara kerja jaringan internet.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai cara kerja DNS.

Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami bagaimana cara kerja DNS, pada jaringan komputer, sampai jumpa pada artikel berikutnya.