Mengenal VOIP Teknologi Yang Sering Digunakan Serta Pemanfaatanya


Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Serta Keunggulanya, dan Kekuranganya
Berikut ini adalah pengertian VOIP, fungsi, keunggulan, dan kekuranganya 

Hampir sebagian besar anak muda tidak lagi menggunakan SMS, tapi sudah beralih ke VoIP (Voice over Internet Protocol). Aplikasi WhatsApp, Messenger, atau layanan telekonferensi adalah beberapa contoh bentuk VoIP.

Banyak orang senang menggunakannya dikarenakan fitur-fiturnya sangat menarik, tepat guna, namun bebas biaya serta praktis.

Teknologi jenis ini adalah teknologi yang membuat penggunanya dapat berkomunikasi jarak jauh melalui media yang menggunakan jaringan internet.

Cara kerjanya adalah mengubah suara ke dalam bentuk kode-kode digital, kemudian disalurkan secara real-time pada paket-paket data. 

Berikut Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Serta Keunggulanya, dan kekuranganya Serta Cara Perwatanya

  1. Fungsi VOIP

Fungsi utama dari teknologi ini adalah menghubungkan penggunanya yang berada di berbagai tempat yang berbeda.

Jika dulu dibutuhkan banyak biaya untuk menelepon keluarga maupun kerabat melalui telepon lokal, interlokal, bahkan internasional, sekarang tidak lagi.

Selagi penggunanya memiliki jaringan internet serta menggunakan aplikasi yang menyediakan teknologi ini, komunikasi bisa terjalin.

  1. Cara Kerja VOIP

Cara kerja teknologi ini mencakup beberapa tahapan. Pertama, suara dalam bentuk analog yang terdengar dari speaker akan dikonversi kedalam paket data.

Setelah itu paket data dikirimkan melalui router dengan pengantara jaringan internet. kemudian, paket data dikirimkan ke tujuan, yaitu perangkat dari penerima telepon. 

Data dikirimkan pada tujuan setelah sinyal analog berhasil diubah menjadi digital. Disaat data digital sampai pada perangkat penerima panggilan, data tersebut akan dikonversi lagi menjadi sinyal analog (suara).

Teknologi ini sangat tergantung pada kualitas internet penelepon dan penerima panggilan. Koneksi internet yang baik akan membuat komunikasi yang menggunakan teknologi ini jadi lancar. 

  1. Keunggulan VOIP

Teknologi ini memiliki cukup banyak keunggulan atau manfaat dibandingkan teknologi komunikasi lainnya. Beberapa keunggulannnya adalah sebagai berikut.

  1. Murah

Dibandingkan biaya SMS atau telepon biasa yang lebih banyak menghabiskan pulsa, teknologi VoIP jauh lebih murah.

Apalagi jika kamu menggunakan koneksi internet gratis dari WiFi kampus atau kantor. Selagi ada koneksi internet, teknologi ini bisa diakses. Durasi telepon pun tidak akan terlalu mempengaruhi biaya yang akan dibayar. 

  1. Praktis

Teknologi ini akan mengoptimalisasikan infrastruktur jaringan beserta data yang sudah ada untuk suaranya. Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan atau universitas yang memiliki jaringan sendiri.

Tidak perlu lagi menarik kabel telepon atau membayar biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.

Manajemennya juga berbasis web sehingga konfigurasi apapun bisa terwujud selama ada internet. 

  1. Integrasi Lebih Mudah

Teknologi ini memungkinkan digabungkannya beberapa jaringan telepon yang sudah ada.

Nah, selama ada gateway, jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX (Private Automatic Branch Exchange) yang sudah ada tersebut.

Mayoritas perusahaan atau kampus yang memiliki jaringan sendiri, mempunyai PABX. Dengan teknologi ini, komunikasi antar perusahaan ataupun kampus bisa dengan menggunakan pesawat telepon biasa.  

  1. Variatif

Penggunaan teknologi ini terbilang sangat variatif. Ini dikarenakan banyak jenis media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui teknologi ini.

Penggunanya bisa membuat atau menerima panggilan telepon dengan memakai komputer, smartphone, IPAD atau media lainnya. 

  1. Kekurangan VOIP

Walaupun memiliki banyak keunggulan, tapi teknologi ini masih memiliki kekurangan juga. Kekurangannya adalah kualitas suara yang tidak sejernih suara yang dihasilkan oleh PSTN (Public Switched Telephone Network).

Selain itu, teknologi VoIP juga bisa mengalami delay ketika koneksi internet terganggu.

Hal ini mengakibatkan kemungkinan terjadinya jeda saat komunikasi sedang berlangsung.

Tips Cara Perawatan Sistem Komunikasi VoIP yang Mudah Dilakukan 

Jika kita memiliki perangkat VoIP, kita pun wajib mempelajari tentang perawatan sistem komunikasi VoIP. Perawatan sendiri merupakan kegiatan untuk menjaga dan memelihara sebuah peralatan.

Perawatan sistem komunikasi juga melibatkan proses perbaikan pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) jika dibutuhkan.

Perawatan sebuah perangkat ataupun sistem tidak selamanya tergolong sulit. Kita bisa saja menggunakan jasa pakar profesional jika kerusakannya sudah parah atau disaat kita tidak memiliki banyak waktu luang.

Namun, jika kita memiliki pengetahuan untuk melakukan perawatan, kita pun bisa melakukannya sendiri. Ini dikarenakan perawatannya tidaklah sulit dan mudah untuk dilakukan siapa saja.

  1. Memeriksa Kinerja Peralatan Sesuai dengan Fungsi pada Manual Penggunaan

Sebagai pemilik dan pengguna peralatan komunikasi, kita wajib memeriksa kinerjanya berdasarkan fungsi manualnya.

Perawatan berdasarkan fungsi manual akan membantu peralatan komunikasi kita, misalnya komputer bekerja dengan baik serta menghindarkannya dari kerusakan.

Proses perawatan ini juga membuat peralatan terhindar dari proses loading yang lama ataupun hang. Memeriksa kinerja peralatan dari fungsi manual bisa ditinjau dari dua sisi. Yaitu berdasarkan sisi hardware maupun softwarenya.

  1. Hardware

Yang paling sering mengganggu kinerja hardware adalah intensitas debu yang tinggi. Guna mencegah adanya debu yang dapat menurunkan kinerja hardware, kitapun harus rutin membersihkannya.

Selain itu kita juga harus memeriksa pemasangan peripheral (hardware tambahan). Peripheralnya harus dipasang dengan benar dan kokoh. Listrik dan power supplynya juga harus sering dikontrol. 

  1. Software

Sistem operasi dan aplikasi yang digunakan juga harus diperiksa. Apakah keduanya cocok dan sudah memenuhi spesifikasi dari PC (Personal Computer) yang kamu miliki atau tidak.

Lindungilah software dengan memasang antivirus serta rutin melakukan update. Selain itu uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan atau jarang digunakan. Gunakanlah CCleaner untuk menghapus tumpukan log. 

  1. Membersihkan serta Menyimpan Log Kerja Peralatan

Proses monitoring atau memantau kinerja komputer secara menyeluruh pada sistem operasi Windows dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Kamu hanya perlu click Start > Search ketik RUN > ketik Perfmon/report>Enter/OK. Setelah itu akan muncul laporan setelah proses scanning selesai.

Jika ingin melakukan Log Viewer, kamu bisa lakukan cara klik start button > search > ketik events viewer > enter. Sementara untuk menyimpan Log Events,

bisa click Kanan pada sub menu application > save all events. Jika ingin membersihkan Log Events-nya, bisa click Kanan pada sub menu application > Clear Log.

  1. Melakukan BackUp

Untuk melakukan backup, kamu bisa langsung click Start > Komputer, kemudian pilihlah Drive C. click Kanan, pilih Properties > Tools. Click pilihan BackUp Now.

Kemudian tentukan lokasinya. Pilihlah Create a System Image. Windows pun akan mencari lokasi untuk menetapkan backup image ini. Biasanya ada dua pilihan yang tersedia, yaitu folder baru atau DVD.

Setelah kamu melakukan proses di atas, konfirmasilah backup tersebut. Click Next dan tunggu proses berjalan. Buatlah DVD Recovery dengan memilih Create a System Repair Disc. Masukan DVD kosong pada optical drive. Click Next dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

  1. Melakukan Pengembalian (Restore) Hasil BackUp

Masukkan DVD yang digunakan untuk proses backup tadi, restart komputernya. Setelah menu System Recovery Options terbuka, pilihlah Restore your computer using a system image that you created, click Next. Jelajalah posisi file backup yang tadi telah dibuat.

Sistem yang ada akan tertimpa dengan sistem operasi file backup secara otomatis. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai dan sistem kembali seperti keadaan semula.

Dengan membaca informasi dari tulisan ini, pembaca diharapkan bisa mendapat informasi terkait teknologi VoIP beserta kelebihan dan kekurangannya.

Itulah pengertian voip, fungsi, cara kerja keunggulan, kekurangan, dan cara perwatanya.

Baca juga: Mengenal seluk-beluk komunikasi data.

Semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan pembaca, sampai jumpa pada artikel blog UP-TKJ berikutnya.