Selasa, 19 Januari 2021

Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer

Berikut Ulasan Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer


Berikut ini pengertian fungsi cara kerja firewall pada jaringan komputer

Istilah firewall mungkin bukan merupakan sesuatu yang asing ditelinga para pakar jaringan. Namun, jika kamu merasa baru pertama kali mendengarnya, membaca tulisan ini bisa menambah pengetahuan. Saat ini internet sudah bisa diakses dengan mudah oleh hampir seluruh kalangan masyarakat.

Seiring dengan maraknya penggunaan internet, ketersediaan jaringan pun jadi sangat dibutuhkan. 

Berikut Ini Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer

Walaupun internet memberikan banyak informasi berguna untuk media pembelajaran ataupun membantu pekerjaan, penggunaannya harus menggunakannya dengan bijaksana.

Internet harus digunakan untuk mendapatkan informasi yang positif, bukannya negatif. Guna menjaga agar internet tidak diserang hal-hal negatif seperti virus yang dapat merusak jaringan atau perangkat, maka harus dipasang pelindung. Pelindungnya disebut firewall.

Firewall memiliki peranan penting dalam dunia networking, nah untuk lebih mengenal firewall pada jaringan komputer, anda bisa simak ulasanya berikut ini.

  1. Definisi

Secara sederhana, definisi firewall adalah pelindung sistem jaringan ataupun perangkat yang digunakan untuk mengakses atau bertukar informasi.

Pelindung ini bertugas melindungi jaringan serta perangkat dari konten-konten berbahaya yang disebarkan komputer luar. Dia akan melindungi sistem, software, serta hardware penggunanya.

  1. Fungsi

Firewall sendiri memiliki beragam fungsi yang diterapkan pada berbagai media. Fungsinya untuk komputer beserta hardware lainnya adalah sebagai pengawas arus paket data.

Dia juga memodifikasi paket data yang datang dengan menyembunyikan IP address penggunanya. Dia juga memeriksa, membatasi, bahkan bisa menolak beberapa aktivitas komputer secara otomatis dengan mengacu pada kriteria IP penggunanya. 

Selain itu, dia juga secara cepat dan otomatis mencatat berbagai aktivitas yang terjadi di komputer. Ini digunakan sebagai dokumentasi untuk pengembangan sistem keamanan jaringan dan komputer terhadap akses jaringan komputer. Firewall juga mencegah terjadinya kebocoran informasi atau data pada pihak luar.

  1. Cara Kerja

Firewall bekerja dengan tiga cara dalam menyaring data dari jaringan internet. Kamu bisa memilih menggunakan cara pertama, kedua, ketiga, atau bahkan mengombinasikannya. Berikut adalah tiga cara kerjanya.

  1. Packet Filtering

Pada cara kerja ini, firewall memakai beberapa aturan tertentu dalam melihat boleh atau tidaknya sebuah data masuk dalam jaringan.

Setiap paket data akan diperiksa satu persatu secara rinci. Jika paket data dikirim secara kelompok pun tetap akan diperiksa.

Saat sebuah paket data dianggap berbahaya, maka paket tersebut akan dilarang memasuki jaringan. 

  1. Proxy Service

Proxy service merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai jembatan antara sistem dan jaringan. Aplikasi ini terletak di dalam firewall dan melakukan pemeriksaan data dalam jaringan.

Sistem ini terbilang lebih efektif karena segala jenis informasi yang diterima diperiksa secara terpusat. 

  1. Stateful Inspection

Sistem ini bekerja dengan menelusuri paket data yang diterima dengan mengacu pada aktivitas-aktivitas sebelumnya.
Paket data yang mencoba masuk akan diperiksa dalam paket database. Jika paket data berkonotasi positif, artinya tidak ada resiko bahaya.Paket data pun bisa diteruskan pada sistem yang meminta paket tersebut.
  1. Kegunaan

Firewall juga memiliki kegunaan lainnya selain berfungsi untuk menjaga keamanan jaringan dan komputer dengan melindunginya dari serangan luar.

Dia dapat memodifikasi paket data serta memberikan akurasi terhadap informasi yang diterima. Misalnya untuk laporan keuangan, spesifikasi harga produk, dan sejenisnya.

Fungsi lainnya adalah mengatur komunikasi antara dua jaringan berbeda serta melindungi hardware dari virus.

Bagaimana?

Itulah beberapa ulasan terkait pelindung jaringan. Selain melihat fungsi utamanya sebagai pelindung, kamu juga bisa melihat cara kerjanya.

Baca Juga:

Selain itu, ternyata ada fungsi lainnya yang membuatnya jadi pelindung multi level. Maka dari itu, pastikanlah untuk memasang firewall pada jaringanmu.

Itu Tadi Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi anda para pembaca, khusunya di dunia networking, sampai jumpa pada artikel blog Up-TKJ berikutnya.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact

SUPPORT BY

PT.ASIA DIGITAL NUSANTARA

ALAMAT:

Jl. Lintas Taluk kuantan - Pekanbaru ( desa petai, depan pasar )

Work Time:

Monday - Saturday from 9am to 5pm

WHATSAPP

082283414028