Rabu, 02 Desember 2020

Ternyata Ini Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja Gateway Pada Jaringan Komputer

Berikut pengertian fungsi dan cara kerja gateway pada jaringan komputer.

Hai sobat Up-TKJ, pada artikel ini saya akan memberikan pengertian, fungsi, serta cara kerja gateway yang sering digunakan dalam jaringan komputer, berikut ulasanya.

Bagi anda para siswa / i tkj pastinya sudah tidak asing lagi dengan gateway pada jaringan komputer.

Gateway sering kali disamakan dengan router, karena sama-sama untuk menghubungkan komputer, dengan komputer lainya, atau pun dari jaringan 1 ke jaringan 2.

Perbedaan yang paling mencolok diantara kedua hal tersebut bisa kita lihat dari namanya gateway merupakan kata yang diambil dari bahasa inggris yang berati gerbang, Yang dimana fungsi pintu gerbang sebagai penghubung dengan jalan, atau jalur lainya.

Jika anda masih bingung apasih fungsi dari gateway, cara kerjanya dalam jaringan komputer, berikut ulasan lengkapnya.

Berikut ini pengertian, fungsi, dan cara kerja gateway pada jaringan komputer

Pengertian Gateway Dalam Jaringan komputer

Gateway dalam jaringan komputer merupakan pintu gerbang yang digunakan oleh suatu jaringan untuk mengakses jaringan yang berada diluar / jaringan lainya.

Hal ini bisa kita lihat ketika suatu komputer terhubung dengan komputer lain, jaringan lokal kita terhubung dengan jaringan lokal lainya, atau jaringan yang memiliki skala luas seperti internet sekalipun.

Baca: Apa itu nat, cara kerjanya dan fungsinya .

Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer

Dari pengertian di atas sudah bisa kita lihat, fungsi dari gateway pada jaringan komputer, yang berfungsi sebagai pintu gerbang pada sebuah jaringan untuk terhubung dengan jaringan luar.

Dengan memanfaatkan salah satu alamat IP yang sudah dijadikan gateway entah itu melaui routerboard seperti mikrotik, atau perangkat lainya, komputer yang berada pada jaringan A bisa terhubung pada jaringan B.

Gateway bisa kita analogikan seperti perkomplekan, atau gini deh Rt 1 memiliki 10 rumah, dan Rt 2 juga memiliki 10 rumah, ketika salah satu warga Rt 1 ingin pergi ke Rt 2 maka warga tersebut harus melewati jalan yang tersedia, nah jalan penghubung ini sama seperti gateway pada jaringan komputer.

Cara Kerja Gateway Pada Jaringan Komputer

Cara kerja gateway pada jaringan komputer paling sederhana seperti ini, jika kalian pernah menyetting mikrotik routerboard, ketika kalian membuat IP Address untuk interface tertentu, pasti kalian menambahkan "/ 24" pada akhir IP.

Misal \

10.10.10.254/24

Nah IP yang kalian tanamkan tersebut yang menjadi gateway di jaringan lokal anda.

Jadi alamat IP yang bisa anda gunakan mulai dari 10.10.10.1 sampai 10.10.10.253, IP 10.10.10.254 lah yang kalian tanamkan untuk menjadi gateway.

Dari range 254 IP address yang ada, akan ada 1 IP address yang akan dijadikan sebagai Gateway.

Analogi gateway lebih sederhananya, bisa kita ambil contoh sebuah ruangan yang berbentuk persegi panjang, pada bagian tembok yang terdapat pada ruangan tersebut, pasti ada bagian yang akan digunakan untuk pintu, nah gateway sama hal nya dengan pintu tersebut.

Salah satu alamat IP akan digunakan untuk menjadi pintu jaringan tersebut, yang digunakan agar klien yang berada di dalam jaringan tersebut untuk mengakses jaringan lainya, seperti internet.

Tadi merupakan penjelasan penjelasan, fungsi, dan cara kerja gateway pada jaringan komputer.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memahami fungsi dari gateway jaringan komputer, sampai jumpa pada artikel Up-TKJ berikutnya.


0 Comments:

Posting Komentar

Contact

SUPPORT BY

PT.ASIA DIGITAL NUSANTARA

ALAMAT:

Jl. Lintas Taluk kuantan - Pekanbaru ( desa petai, depan pasar )

Work Time:

Monday - Saturday from 9am to 5pm

WHATSAPP

082283414028